Pentingnya Komunikasi Orang Tua-Anak terhadap Self Efficacy Anak Usia Sekolah
Abstract
Self efficacy anak usia sekolah merupakan keyakinan kemampuan diri dalam hal akademik, sosial, dan emosional yang dimiliki oleh anak usia sekolah serta berpengaruh terhadap perilaku anak usia sekolah. Self efficacy merupakan faktor penting dalam perkembangan psikologis anak. Pembentukan dan perkembangan self efficacy anak usia sekolah didukung oleh peran orang tua melalui komunikasi antara orang tua dan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara komunikasi orang tua dan anak dengan self efficacy pada anak usia sekolah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional. Pengambilan sampel dengan teknik cluster sampling. Responden penelitian ini adalah 152 siswa kelas 4,5, dan 6 SD Negeri Kreo 5 Tangerang yang berumur 10 - 12 tahun. Instrumen yang digunakan kuesioner komunikasi orang tua dan anak dan kuesioner self efficacy anak usia sekolah. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara komunikasi orang tua dan anak dengan self efficacy anak usia sekolah (p value < 0,001, α 0,05). Semakin efektif komunikasi antara orang tua dan anak maka semakin tinggi self efficacy yang dimiliki anak usia sekolah, sebaliknya semakin tidak efektif komunikasi antara orang tua dan anak maka semakin rendah self efficacy yang dimiliki anak usia sekolah. Dengan demikian, komunikasi antara orang tua dan anak penting dalam pembentukan dan perkembangan self efficacy anak usia sekolah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alai Khraym, R., Narimani, M. & Alai Khray, S. (2012). Comparison of self-efficacy beliefs and achievement motivation among students with and without learning disabilities. Journal of Learning Disabilities, 85-104, (3) 1
Allender, J.A, Rector, C, & Warner, A.D. (2014). Community and Public Health Nursing: Promoting the Public’s Health. Philadelphia: Lippincott William & Wilkins.
Anggai, A. I. (2015). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Perilaku Berisiko Terhadap Kesehatan Pada Remaja (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta) retrieved from http://eprints.ums.ac.id/37880/13/02.%20Naskah%20Publikasi.pdf
Artha, N. M. W. I., & Supriyadi, S. (2013). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dan Self Efficacy dalam Pemecahan Masalah Penyesuaian Diri Remaja Awal. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1). http://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/25078
Bandura, Albert. (2002). Self efficacy: The Exercise of Control . New York : W. H. Freeman & Company.
Bandura, Albert. (1999). Self-efficacy in Changing Societies. United States of America: Cambridge University Press.
Erozkan, A. (2013). The Effect of Communication Skills and Interpersonal Problem Solving Skills on Social Self-Efficacy. Educational Sciences: Theory and Practice, 13(2), 739-745. Retrieved from http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1017303.pdf
Esmaeili, N., & Tafti, M. A. (2016). Effectiveness of Parent-Child Relationship on Self-Efficacy and Self-Esteem of Girl Students with Learning Disorder. International Journal of Humanities and Cultural Studies (IJHCS) ISSN 2356-5926, 2447-2463. http://www.ijhcs.com/index.php/ijhcs/article/download/2741/2463
Friedman, Marilyn M. (2010). Buku Ajar Keperawatan Keluarga : Riset, Teori dan Praktek. Jakarta : EGC
Gardner, D. M. (2011). Parents' influence on child social self-efficacy and social cognition. Marquette University. http://epublications.marquette.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1115&context=theses_open
Garcia, P. R. J. M., Restubog, S. L. D., Toledano, L. S., Tolentino, L. R., & Rafferty, A. E. (2012). Differential moderating effects of student-and parent-rated support in the relationship between learning goal orientation and career decision-making self-efficacy. Journal of Career Assessment, 20(1), 22-33. https://www.researchgate.net/profile/Laramie_Tolentino/publication/257862827_Differential_Moderating_Effects_of_Student-_and_Parent-Rated_Support_in_the_Relationship_Between_Learning_Goal_Orientation_and_Career_Decision-Making_Self-Efficacy/links/0deec528af3c38560f000000.pdf
Givertz, M., & Segrin, C. (2014). The association between overinvolved parenting and young adults’ self-efficacy, psychological entitlement, and family communication. Communication Research, 41(8), 1111-1136. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Michelle_Givertz/publication/261986337_The_Association_Between_Overinvolved_Parenting_and_Young_Adults'_Self-Efficacy_Psychological_Entitlement_and_Family_Communication/links/54c930460cf2f0b56c21eae5.pdf
Jaenudin, U. (2015). Teori-Teori Kepribadian. Bandung: Pustaka Setia.
Janatin, M. (2015). Hubungan antara Self Efficacy dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Se-Gugus II Kecamatan Bantul Tahun Ajaran 2014/2015 (Doctoral dissertation, PGSD). http://eprints.uny.ac.id/23722/1/SKRIPSI_MULAFI%20JANATIN_11108241153_PGSD_FIP.pdf
Jannah, E. U. (2013). Hubungan Antara Self-Efficacy Dan Kecerdasan Emosional Dengan Kemandirian Pada Remaja. PERSONA: Jurnal Psikologi Indonesia, 2(3). http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/persona/article/viewFile/162/17
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Komunikasi Efektif dan Disiplin Positif dalam Keluarga. Jakarta : Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Seri Pendidikan Orang Tua : Pengasuhan Positif. Jakarta : Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Menjadi Orang Tua Hebat untuk Keluarga dengan Anak Usia Sekolah Dasar. Edisi Revisi. Jakarta : Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
Masud, H., Ahmad, M. S., Jan, F. A., & Jamil, A. (2016). Relationship between parenting styles and academic performance of adolescents: mediating role of self-efficacy. Asia Pacific Education Review, 17(1), 121-131. Retrieved from http://www.academia.edu/download/46190526/published_paper_2.pdf
Mohajeri, AS., Pouretemad HR., Shokri,O., & Khushabi, K.(2013). Effectiveness of interaction parent - child with autism efficacy among parents with children with high functioning. Journal of Applied Psychology,5(1);38-21.
Mohibu, A. (2015). Peranan Komunikasi Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak (Suatu Studi Di Desa Buo Kec. Loloda Kab. Halmahera Barat). Jurnal Acta Diurna, 4(4). http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurna/article/download/8503/8078
Monica, L., Tamsir, W., & Febriani, R. (2016). Perancangan Kampanye Penanggulangan Kekerasan Verbal dan Dampaknya Terhadap Anak Usia 7-12 Tahun. Jurnal DKV Adiwarna, 1, 9. http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/dkv/article/download/4350/3990
Muris, P. (2001) A Brief Questionnaire for Measuring Self-Efficacy in Youth (s). Journal of Psychopathology and Behavioral Assessment, (23), 145-149.
Putri, L. R., Hasyim, A., & Yanzi, H. (2016). Pengaruh Intensitas Komunikasi Orang Tua Kepada Anak Terhadap Kenakalan Remaja. Jurnal Kultur Demokrasi, 4(4). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JKD/article/download/11165/7852
Rakhmat, J. (2011). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Runcan, P. L., Constantineanu, C., Ielics, B., & Popa, D. (2012). The role of communication in the parent-child interaction. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 46, 904-908. http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S187704281201350X
Soetjiningsih. (2012). Perkembangan Anak dan Permasalahannya dalam Buku Ajar I Ilmu Perkembangan Anak Dan Remaja. Jakarta : Sagung Seto
Stanhope, Marcia and Lancaster, Jeanette. (2016). Public Health Nursing 9th Edition : Population-Centered Health Care in the Community. St. Louis, Missouri : Elsevier
Stephen. (2011). Seni Mendengar dan Komunikasi yang Efektif. Jakarta: Klik Publishing.
Widiyanti, A. A. (2013). Perbedaan Efikasi Diri Berdasarkan Tipe Pola Asuh Orangtua pada Remaja Tengah di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1). Retrieved from http://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/download/25076/16290
Yuan, S., Weiser, D. A., & Fischer, J. L. (2016). Self-efficacy, parent–child relationships, and academic performance: a comparison of European American and Asian American college students. Social Psychology of Education, 19(2), 261-280.
DOI: https://doi.org/10.32807/jkt.v2i2.53
Refbacks
- There are currently no refbacks.