Pengaruh Self Hypnosis Terhadap Respon Cemas Mahasiswa Pada Ujian Tahap Akhir Program Di STIKes Buana Husada Ponorogo
Abstract
Pembelajaran praktik klinik keperawatan merupakan masa transisi dari situasi belajar dikelas ke situasi pelayanan yang nyata, hal ini sangat memungkinkan mahasiswa mengalami kecemasan yang tinggi. Kurangnya pengalaman klinik, dosen yang disiplin, takut membuat kesalahan merupakan situasi yang dapat memproduksi adanya kecemasan mahasiswa. Self hypnosis adalah suatu metode komunikasi persuasif yang digunakan untuk melakukan perubahan kognitif, sikap dan perilaku dengan memasuki wilayah sub consious dalam pikiran manusia. Tujuan penelitian ini menganalisa pengaruh pemberian terapi self hypnosis terhadap respon cemas mahasiswa pada ujian tahap akhir program. Desain penelitian ini pra eksperimen dengan one group pre test post test design. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa S1 Keperawatan STIKes Buana Husada sebanyak 22 orang dengan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan kuesioner HARS dan modul self hypnosis, dengan analisa uji wilcoxon. Hasil penelitian ada pengaruh self hypnosis terhadap respon cemas mahasiswa. Kesimpulan penelitian ini pemberian self hypnosis berhasil secara signifikan menurunkan angka kecemasan mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Clark, & Sunnen. (2004). The Relaxation & Stress Reduction Workbook ( dan K. B. A. Hamid, A.Y.(ed.)). EGC.
Gail, & Stuart, W. (2006). Buku Saku Keperawatan Jiwa (3rd ed.). EGC.
Gunawan, A. (2005). Hypnotherapy The Art Of Subconcious Restructuring. PT Gramedia Pustaka.
Hakim, A. (2010). Hypnosis in Teaching. Visimedia. Vol. 2 No. 1 (2020); APRIL Page 6
Masoumi, & Sharif. (2005). A qualitative study of nursing student experiences of clinical practice. http://www.biomedcentral.com/1472-6955/4/6.
Nurindra, Y. (2007). Hypnotherapy Fundamental. Yan Nurindra School of Hypnotism.
Rochman, & Lur, K. (2010). Kesehatan Mental. Fajar Media Press.
Tomb. (2004). Buku Saku Psikiatri. EGC.
DOI: https://doi.org/10.32807/jkt.v2i1.43
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Yudha Anggit Jiwantoro, Afifa Ika Kridawati, Danies Tunjung Pratiwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.