Efektivitas Pendidikan Kesehatan Secara Audiovisual Terhadap Mekanisme Koping Pasien Chronic Heart Failure (CHF)
Abstract
Data dari rekam medik RSUD Kota Mataram pada tahun 2017 jumlah penderita penyakit jantung sebanyak 5487 kunjungan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivnya pendidikan kesehatan secara audiovisual terhadap mekanisme koping pada pasien CHF. Desain penelitian ini adalah eksperimental dengan rancangan Pre Eksperimental One Group Pretest-Posttest. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner, sebelum dan sesudah diberikan intervensi, kemudian dianalisa dengan menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan sebelum diberikan video mekanisme koping dari 40 responden 32 dalam katergori mekanisme koping sedang dan 8 dalam kategori baik , sedangkan setelah diberikan video mekanisme koping meningkat yakni 40 responden mekanisme kopingnya dalam kategori baik, untuk efektivitas pendidikan kesehatan audiovisual adalah ρ=0,000 (<α=0,05) yang artinya Ho ditolak dan berarti bahwa efektivnya pendidikan kesehatan secara audiovisual terhadap mekanisme koping pasien CHF. Saran yakni perlunya penambahan media dan sarana yang menunjang untuk memberikan pendidikan kesehatan melalui media video karena dapat mengurangi faktor stres dalam memekanisme koping suatu penyakitnya.
Keywords
Pendidikan Kesehatan; Audiovisual; Koping; CHF
Full Text:
PDFReferences
Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar 2013. Tersedia dalam : http://www.litbang.depkes.go.id [Diaksespada 23 September 2016].
Cohen, L., Lawrence M., dan Keith M. 2007. ResearchMethods in Education, Sixth Edition. London: Routledge Falmer.
Depkes RI. 2009. Klasifikasi Umur Berdasarkan Kategori. Jakarta: Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan.
Lipowski, ZJ. 2010. Mekanisme Koping CHF. Paris: Ebscohost.co.id
DOI: https://doi.org/10.32807/jkt.v1i1.29
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 G.A Sri Puja Warnis Wijayanti, Kadek Dika Surya Dinata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.