Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Balita di Puskesmas Tampaksiring II

Anace Iwo, Ni Made Ari Sukmandari, Claudia Wuri Prihandini

Abstract


Perkembangan anak dibawah lima tahun (balita) merupakan bagian yang sangat penting karena berkaitan antara proses biologis, proses sosial-emosional dan proses kognitif. Salah satu faktor dalam perkembangan anak yaitu lingkungan pengasuhan. Dalam pengasuhan, peran orang tua sangat penting untuk memantau agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikai hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan motorik halus anak balita di wilayah kerja Puskesmas Tampaksiring II Kabupaten Gianyar. Penelitian ini menggunakan metode deskritif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini sebanyak 314 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan consecutive sampling. Data dianalisis menggunakan uji korelasi rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pola asuh orang tua tergolong baik yaitu sebanyak 160 responden (51,0%). Sebagian besar balita yang menjadi responden telah lulus pada tahap perkembangan motorik halusnya, yaitu sebanyak 291 orang (92,7%). Hasil uji Spearman Rank, didapatkan hasil nilai ρ=0,000, yang menunjukkan ada hubungan signifikan antara pola asuh orang tua dengan perkembangan motorik halus pada anak balita.


Keywords


Keywords: Pola asuh; motorik halus; balita; tumbuh kembang

Full Text:

PDF

References


Adistie, F., Lumbantobing, V. B. M., & Maryam, N. N. A. (2018). Pemberdayaan kader kesehatan dalam deteksi dini stunting dan stimulasi tumbuh kembang pada balita. Media Karya Kesehatan, 1(2), 173–184. https://doi.org/10.24198/mkk.v1i2.18863

Cahyono, A. D. (2014). Pengaruh stimulasi orang tua terhadap perkembangan sosial anak usia toddler. Jurnal AKP, 9(1), 1–9. http://ejournal.akperpamenang.ac.id/index.php/akp/article/download/83/67

Depkes RI. (2013). Peraturan menteri kesehatan republik indonesia nomor 71 tahun 2013 tentang pelayanan kesehatan pada jaminan kesehatan nasional. Kementerian Kesehatan RI.

Dhamayanti, M. (2006). Kuesioner praskrining perkembangan (KPSP) anak. Sari Pediatri, 8(1), 9–15. https://doi.org/10.14238/sp8.1.2006.9-15

Diana, W. (2019). Hubungan pola asuh orangtua dengan perkembangan motorik halus anak usia prasekolah di PAUD Harapan Bunda Surabaya. Journal of Health Educational Science and Technology)Nd Technology), 2(1), 51–60. https://doi.org/10.25139/htc.v2i1.1660

Dinkes Provinsi Bali. (2018). Profil kesehatan Provinsi Bali tahun 2017. Dinas Kesehatan Provinsi Bali.

Doni, A. W., & Mukhtar, S. W. (2020). Hubungan pola asuh orang tua dengan pertumbuhan dan perkembangan anak prasekolah. Jurnal Kesehatan, 13(1), 46–52. https://doi.org/10.32763/juke.v13i1.180

Fatimah, L. (2012). Hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan anak di R.A Darussalam Desa Sumber Mulyo, Jogoroto, Jombang. Prosiding Seminas Competitive Advantage, 1(2), 1–6. http://www.journal.unipdu.ac.id/index.php/seminas/article/view/163

Hartanto, F., Selina, H., H, Z., & Fitra, S. (2011). Pengaruh perkembangan bahasa terhadap perkembangan kognitif anak usia 1-3 tahun. Sari Pediatri, 12(6), 386–390. https://doi.org/10.14238/sp12.6.2011.386-90

Hasanah, U. (2016). Pola asuh orangtua dalam membentuk karakter anak. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 72–82. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/view/pola-asuh-orangtua-dalam-membentuk-karakter-anak

Kemenkes RI. (2013). Riset kesehatan dasar. Kementerian Kesehatan RI.

Lely, O., & Soetjiningsih. (2010). Aspek kognitif dan psikososial pada anak dengan palsi serebral. Sari Pediatri, 2(2), 109–112. https://doi.org/10.14238/sp2.2.2000.109-12

Munir, Z., Yulisyowati, & Virana, H. (2019). Hubungan pola asuh orang tua dalam menstimulasi perkembangan motorik kasar dan halus usia pra sekolah. Jurnal Keperawatan Profesional, 7(1), 1–17. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/jkp/index

Situmorang, T. S. K., Nurnaningsih, & Sutomo, R. (2016). Perbedaan perilaku anak prasekolah berdasarkan pola pengasuhan. Sari Pediatri, 18(4), 314–319. https://doi.org/10.14238/sp18.4.2016.314-9

Supartini, Y. (2014). Buku ajar konsep dasar keperawatan anak. EGC.

Tridhonanto, A. (2014). Mengembangkan pola asuh demokratis. Elex Media Komputindo.

WHO. (2012). Global strategy for dengue prevention and control 2012-2020. World Health Organization.




DOI: https://doi.org/10.32807/jkt.v3i1.92

Refbacks

  • There are currently no refbacks.