Pengaruh Pemenuhan Kebutuhan Personal Hygiene terhadap Konsep Diri Pasien Imobilisasi Fisik

Diana Pefbrianti, Hamdan Hariawan, Sitti Rusdianah Jafar

Abstract


Masalah personal hygiene akan berdampak pada kesehatan dan psikis seseorang. Gangguan fisik yang terjadi dapat mengakibatkan perubahan konsep diri, sedangkan gangguan psikologis dapat terjadi karena kondisi tersebut dapat menurunkan keindahan penampilan dan reaksi emosional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemenuhan kebutuhan personal hygiene terhadap konsep diri pasien dengan imobilisasi fisik di ruang internis RSUD Ratu Zalecha Martapura. Penelitian ini adalah penelitian quasy eksperimen dengan pendekatan pre and post test design yang melibatkan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap di ruang internis RSUD Ratu Zalecha Matapura yang mengalami imobilisasi fisik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu consecutive sampling dengan jumlah 16 sampel untuk setiap kelompok, yaitu kelompok perlakuan yang diberikan pemenuhan kebutuhan personal hygiene dan kelompok kontrol. Data yang diambil berupa konsep diri pasien menggunakan kuesioner. Data konsep diri dianalisis dalam penelitian ini menggunakan uji wilcoxon sign rank dengan nilai signifikan α <0,05. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemenuhan kebutuhan personal hygiene terhadap peningkatan konsep diri pada pasien imobilisasi fisik di RSUD Ratu Zalecha Martapura dengan hasil uji statistik P = 0,00 (P <0,05). Pemenuhan kebutuhan personal hygiene menjadi salah satu faktor penting dalam mempertahankan konsep diri pasien. Peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian yang lebih spesifik mengenai personal hygiene pasien imobilisasi fisik terhadap konsep diri

Keywords


personal hygiene; konsep diri; imobilisasi fisik

Full Text:

PDF

References


Amaliah. (2012). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Perilaku Hygiene Organ Reproduksi. Skripsi. Universitas Indonesia: Jakarta.

Asmadi. (2008). Teknik Prosedural Keperawatan: Konsep dan Aplikasi Kebutuhan Dasar Klien. Jakarta: Salemba Medika.

Dina Sulistyowati. (2012). Peran Perawat Dalam Pelaksanaan Personal Hygiene Menurut Persepsi Pasien Imobilisasi Fisik. Diponegoro Journal of Nursing, 169–174.

Hestiyana, N., Rahmayani, D., & Imbran AR (2017). Hubungan Konsep Diri Dengan Perilaku Hygiene Organ Reproduksi Remaja Putri. Dinamika Kesehatan. 8 (1), 274-284.

I Nyoman Gede Sandyarman. (2014). Hubungan Personal Hygiene oleh Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien Imobilisasi di Rumah Sakit jember Klinik.

Murti, AM. (2010). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Perilaku Hygiene Organ Reproduksi. Skripsi. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Pajarillo, E. (2013). Towards Self-Care Editor’s Perspective. Journal of Nursing and Practice Applications and Reviews of Research, 3, 57–59. https://doi.org/10.13178/jnparr.2013.0302.0516

Ritonga, PT., Simamora, JP., Hutabarat, NI., Siburian, UD. (2019). Pengembangan Konsep Diri Tentang Personal Hygiene Pada Remaja. Jurnal Anadara Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(2), 1-6.

Tarwoto & Wartonah. (2011). Kebutuhan Dasar Manusia dan Proses Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Wahid Iqbal Mubarak dan Nurul chayatin. (2008). Buku Ajar Kebutuhan dasar Manusia “Teori dan Aplikasi dalam Praktek.” Jakarta: EGC.

Wahyuni A. S. (2007). Statistika Kedokteran. Jakarta Timur: Bamboedoea Communication.




DOI: https://doi.org/10.32807/jkt.v2i2.84

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Keperawatan Terpadu (Integrated Nursing Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal keperawatan terpadu (integrated nursing journal) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.