Efektivitas Art Therapy terhadap Pengetahuan dan Praktik Pemeliharaan Kesehatan Gigi pada Anak Usia Prasekolah
Abstract
Art therapy merupakan salah satu strategi dalam upaya promosi kesehatan yang efektif diaplikasikan pada anak-anak. Salah satu art therapy yang efektif diterapkan pada anak-anak adalah terapi seni dengan mewarnai gambar dan bercerita atau mendongeng. Art therapy mempermudah anak-anak mempelajari hal-hal baru dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Art therapy dapat menggiring anak-anak memahami mekanisme sebab akibat secara rasional. Pembelajaran pada anak dengan art therapy bermedia mewarnai gambar dan bercerita atau mendongeng dapat diaplikasikan sebagai upaya promosi kesehatan dalam meningkatkan pengetahuan dan praktik anak-anak tentang pemeliharaan kesehatan gigi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh art therapy terhadap pengetahuan dan praktik pemeliharaan kesehatan gigi pada anak usia prasekolah. Metode: Desain penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan one group pre-post test design. Teknik pengumpulan data adalah total sampling. Responden pada penelitian ini adalah anak-anak usia prasekolah yaitu usia 4-6 tahun. Variabel independent pada penelitan ini adalah art therapy, sedangkan variabel dependent adalah pengetahuan dan praktik pemeliharaan kesehatan gigi pada anak usia prasekolah. Instrument penelitian adalah kuesioner, checklist, alat peraga berupa phantom gigi, sikat gigi, pasta gigi, media gambar dan oil pastel. Analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil dan Analisis: Terdapat perbedaan yang bermakna (p = 0,000) antara pengetahuan responden sebelum dan sesudah pemberian art therapy dengan metode bermain mewarnai gambar dan bercerita atau mendongeng. Terdapat perbedaan yang bermakna (p = 0,000) antara praktik pemeliharaan kesehatan gigi sebelum dan pemahaman sesudah pemberian intervensi. Kesimpulan: Art therapy terbukti efektif meningkatkan pengetahuan dan praktik pemeliharaan kesehatan gigi pada anak usia prasekolah
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alvina, Kurnianingrum, W. (2018). Penerapan Art Therapy Untuk Meningkatkan Self-Esteem Anak Usia Middle Childhood. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora Dan Seni, 2(1), 198–204.
Angelisa, A. (2014). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Gosok Gigi dengan Metode Bermain terhadap Perilaku Gosok Gigi pada Anak Usia Prasekolah di TK ABA Wilayah Wonokromo Pleret Bantul. Program Studi Ilmu Keperawatan. STIKES Aisyiyah Yogyakarta.
Aminimanesh, A., Ghazavi, Z., Mehrabi, T. (2018). Effectiveness of the Puppet Show and Storytelling Methods on Children’s Behavioral Problems. Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research. 24, 61-65
Arini, T., Haryanti, F., & Prabowo, T. (2016). Pengaruh Promosi Kesehatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat terhadap Tingkat Pengetahuan dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Siswa SD di
Wilayah Kerja Puskesmas. Jurnal Ilmu Keperawatan, 1(3), 118–122.
Ardani, I. G. (2018). Buku Kesehatan Anak untuk Orang Tua Gigi Sehat, Anak Cerdas (pp. 231–233). Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Brouzos, A, Vassilopoulos, SP, Moschou, K. (2016). Utilizing Storytelling to Promote Emotional Well- Being of Children With a Distinct Physical Appearance: The Case of Children Who Wear Eyeglasses. The European Journal of Counselling Psychology. 4(1), 62-76
Debora, Arisska, Sitompul, & Relina, D. (2012). Pengaruh Terapi Mewarnai Gambar dengan Pasir Warna Terhadap Kecemasan Anak Prasekolah 3-5 Tahun. Skripsi. STIKES Suaka Insan Banjarmasin.
Dikshit, P, Limbu, S, Gupta, S, Pradhan, R. (2018). Evaluation of Knowledge, Attitude and Practices of Parents Toward Their Children’s Oral Health Compared With Their Dental Caries Status. Birat Journal of Health Sciences. 3(2), 447-452
Eddy, F. N. A. E., & Mutiara, H. (2015). Peranan Ibu dalam Pemeliharaan Kesehatan Gigi Anak dengan Status Karies Anak Usia Sekolah Dasar. Majority, 4(8), 4–9.
Elmitra. (2017). Dasar –Dasar Farmasetika dan Sediaan Semi Solid. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Hidayat, D. R. (2018). Konseling Di Sekolah: Pendekatan-Pendekatan Komtemporer. Jakarta: Prenadamedia Group.
Hannigan, S., Grima-Farrel, C., Wardman, N. (2019). Drawing on creative arts therapy approaches to enhance inclusive school culturs and student wellbeing. Issue in Educational Research. 29(3), 756-773
Isik, M.A. (2016). The Impact of Storytelling on Young Ages. European Journal of Language and Literature Studies. 2(3), 115-118
Kurniasih, T. (2018). Sistem Organ Manusia (pp. 300–343). Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Ramayanti, S., & Purnakarya, I. (2013). Peran makanan terhadap kejadian karies gigi. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(2), 89–93.
Santik, Y. D. P. (2015). Pentingnya Kesehatan Gigi dan Mulut dalam Menunjang Produktivitas Atlet. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 5(1), 13–17.
Sari, EK, Ulfiana, E, Dian, P. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Gosok Gigi dengan Metode Permainan Simulasi Ular Tangga terhadap Perubahan Pengetahuan, Sikap, dan Aplikasi Tindakan Gosok Gigi Anak Usia Sekolah di SD Wilayah Paron Ngawi. Indonesian Journal of Community Health Nursing, 1(1), 1–11.
Senjaya, A. (2019). Menyikat Gigi Tindakan Utama Untuk Kesehatan Gigi. Jurnal Gema Keperawatan, 12(2), 14–22.
Shofiyah. (2013). Penerapan Pembelajaran Mewarnai Gambar Dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak Kelompok B Di TK Hidayatus Shibyan. Universitas Negeri Surabaya. Vol. 2, No. 1 (2020); April Page 39
Triswari, D., & Pertiwi, A. D. (2017). Pengaruh Kebiasaan Menyikat Gigi Sebelum Tidur Malam Terhadap Skor Indeks Plak dan pH Saliva. Insisiva Dental Journal, 6(2), 1–8
Widayati, N. (2014). Faktor yang Berhubungan dengan Karies Gigi pada Anak Usia 4-6 Tahun. Berkala Epidemiologi, 2(2), 196–205.
Winnier, JJ., Parmar, A., Mehta, S., Bambal, K., Bhatia, R. (2019). Oral Hygiene Maintenance in Children-A Survey of Parental Awareness. International Journal of Oral Health and Medical
Research. Vol. 2(4), 1-5
Vaahtoranta, E., Lenhart, J., Suggate, S., Lenhard, W. (2019). Interactive Elaborative Storytelling: Engaging Children as Storytellers to Fosters Vocabulary. Frontiers in Psychology. 10,1534-1547
Yabanci, N., Kisac, I., Karakus, S.S. 2014. The Effects of Mother’s Nutritional Knowledge on Attitudes and Behaviors of Children about Nutrition. Procedia – Social and Behavioral Sciences. 116, 4477- 4481
DOI: https://doi.org/10.32807/jkt.v2i1.57
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Linda Widyarani, Wiwi Kustio Priliana, Cecilya Kustanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.