Efektivitas Art Therapy terhadap Pengetahuan dan Praktik Pemeliharaan Kesehatan Gigi pada Anak Usia Prasekolah
DOI:
https://doi.org/10.32807/jkt.v2i1.57Keywords:
Art Therapy, Anak Prasekolah, Pemeliharaan dan Kesehatan GigiAbstract
Art therapy merupakan salah satu strategi dalam upaya promosi kesehatan yang efektif diaplikasikan pada anak-anak. Salah satu art therapy yang efektif diterapkan pada anak-anak adalah terapi seni dengan mewarnai gambar dan bercerita atau mendongeng. Art therapy mempermudah anak-anak mempelajari hal-hal baru dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Art therapy dapat menggiring anak-anak memahami mekanisme sebab akibat secara rasional. Pembelajaran pada anak dengan art therapy bermedia mewarnai gambar dan bercerita atau mendongeng dapat diaplikasikan sebagai upaya promosi kesehatan dalam meningkatkan pengetahuan dan praktik anak-anak tentang pemeliharaan kesehatan gigi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh art therapy terhadap pengetahuan dan praktik pemeliharaan kesehatan gigi pada anak usia prasekolah. Metode: Desain penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan one group pre-post test design. Teknik pengumpulan data adalah total sampling. Responden pada penelitian ini adalah anak-anak usia prasekolah yaitu usia 4-6 tahun. Variabel independent pada penelitan ini adalah art therapy, sedangkan variabel dependent adalah pengetahuan dan praktik pemeliharaan kesehatan gigi pada anak usia prasekolah. Instrument penelitian adalah kuesioner, checklist, alat peraga berupa phantom gigi, sikat gigi, pasta gigi, media gambar dan oil pastel. Analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil dan Analisis: Terdapat perbedaan yang bermakna (p = 0,000) antara pengetahuan responden sebelum dan sesudah pemberian art therapy dengan metode bermain mewarnai gambar dan bercerita atau mendongeng. Terdapat perbedaan yang bermakna (p = 0,000) antara praktik pemeliharaan kesehatan gigi sebelum dan pemahaman sesudah pemberian intervensi. Kesimpulan: Art therapy terbukti efektif meningkatkan pengetahuan dan praktik pemeliharaan kesehatan gigi pada anak usia prasekolah
References
Alvina, Kurnianingrum, W. (2018). Penerapan Art Therapy Untuk Meningkatkan Self-Esteem Anak Usia Middle Childhood. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora Dan Seni, 2(1), 198–204.
Angelisa, A. (2014). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Gosok Gigi dengan Metode Bermain terhadap Perilaku Gosok Gigi pada Anak Usia Prasekolah di TK ABA Wilayah Wonokromo Pleret Bantul. Program Studi Ilmu Keperawatan. STIKES Aisyiyah Yogyakarta.
Aminimanesh, A., Ghazavi, Z., Mehrabi, T. (2018). Effectiveness of the Puppet Show and Storytelling Methods on Children’s Behavioral Problems. Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research. 24, 61-65
Arini, T., Haryanti, F., & Prabowo, T. (2016). Pengaruh Promosi Kesehatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat terhadap Tingkat Pengetahuan dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Siswa SD di
Wilayah Kerja Puskesmas. Jurnal Ilmu Keperawatan, 1(3), 118–122.
Ardani, I. G. (2018). Buku Kesehatan Anak untuk Orang Tua Gigi Sehat, Anak Cerdas (pp. 231–233). Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Brouzos, A, Vassilopoulos, SP, Moschou, K. (2016). Utilizing Storytelling to Promote Emotional Well- Being of Children With a Distinct Physical Appearance: The Case of Children Who Wear Eyeglasses. The European Journal of Counselling Psychology. 4(1), 62-76
Debora, Arisska, Sitompul, & Relina, D. (2012). Pengaruh Terapi Mewarnai Gambar dengan Pasir Warna Terhadap Kecemasan Anak Prasekolah 3-5 Tahun. Skripsi. STIKES Suaka Insan Banjarmasin.
Dikshit, P, Limbu, S, Gupta, S, Pradhan, R. (2018). Evaluation of Knowledge, Attitude and Practices of Parents Toward Their Children’s Oral Health Compared With Their Dental Caries Status. Birat Journal of Health Sciences. 3(2), 447-452
Eddy, F. N. A. E., & Mutiara, H. (2015). Peranan Ibu dalam Pemeliharaan Kesehatan Gigi Anak dengan Status Karies Anak Usia Sekolah Dasar. Majority, 4(8), 4–9.
Elmitra. (2017). Dasar –Dasar Farmasetika dan Sediaan Semi Solid. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Hidayat, D. R. (2018). Konseling Di Sekolah: Pendekatan-Pendekatan Komtemporer. Jakarta: Prenadamedia Group.
Hannigan, S., Grima-Farrel, C., Wardman, N. (2019). Drawing on creative arts therapy approaches to enhance inclusive school culturs and student wellbeing. Issue in Educational Research. 29(3), 756-773
Isik, M.A. (2016). The Impact of Storytelling on Young Ages. European Journal of Language and Literature Studies. 2(3), 115-118
Kurniasih, T. (2018). Sistem Organ Manusia (pp. 300–343). Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Ramayanti, S., & Purnakarya, I. (2013). Peran makanan terhadap kejadian karies gigi. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(2), 89–93.
Santik, Y. D. P. (2015). Pentingnya Kesehatan Gigi dan Mulut dalam Menunjang Produktivitas Atlet. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 5(1), 13–17.
Sari, EK, Ulfiana, E, Dian, P. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Gosok Gigi dengan Metode Permainan Simulasi Ular Tangga terhadap Perubahan Pengetahuan, Sikap, dan Aplikasi Tindakan Gosok Gigi Anak Usia Sekolah di SD Wilayah Paron Ngawi. Indonesian Journal of Community Health Nursing, 1(1), 1–11.
Senjaya, A. (2019). Menyikat Gigi Tindakan Utama Untuk Kesehatan Gigi. Jurnal Gema Keperawatan, 12(2), 14–22.
Shofiyah. (2013). Penerapan Pembelajaran Mewarnai Gambar Dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak Kelompok B Di TK Hidayatus Shibyan. Universitas Negeri Surabaya. Vol. 2, No. 1 (2020); April Page 39
Triswari, D., & Pertiwi, A. D. (2017). Pengaruh Kebiasaan Menyikat Gigi Sebelum Tidur Malam Terhadap Skor Indeks Plak dan pH Saliva. Insisiva Dental Journal, 6(2), 1–8
Widayati, N. (2014). Faktor yang Berhubungan dengan Karies Gigi pada Anak Usia 4-6 Tahun. Berkala Epidemiologi, 2(2), 196–205.
Winnier, JJ., Parmar, A., Mehta, S., Bambal, K., Bhatia, R. (2019). Oral Hygiene Maintenance in Children-A Survey of Parental Awareness. International Journal of Oral Health and Medical
Research. Vol. 2(4), 1-5
Vaahtoranta, E., Lenhart, J., Suggate, S., Lenhard, W. (2019). Interactive Elaborative Storytelling: Engaging Children as Storytellers to Fosters Vocabulary. Frontiers in Psychology. 10,1534-1547
Yabanci, N., Kisac, I., Karakus, S.S. 2014. The Effects of Mother’s Nutritional Knowledge on Attitudes and Behaviors of Children about Nutrition. Procedia – Social and Behavioral Sciences. 116, 4477- 4481
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.