Pengaruh Senam Tai Chi Terhadap Peningkatan Kualitas Tidur Lansia Di Balai Sosial Lanjut Usia Mandalika

Fathaillah - Liestanto, Dina Fithriana

Abstract


Peningkatan jumlah lansia akibat meningkatnya iusia harapan hidup tentunya akan menimbulkan beberapa masalah di bidang kesehatan, salah satunya adalah gangguan tidur. Tahun 2014 tercatat ada 19,2 juta jiwa lansia. Sedangkan tahun 2020 diperkirakan ledakan penduduk lansia menjadi 28,8 juta jiwa atau sebesar 11,34%. Peningkatan gangguan tidur sejalan dengan peningkatan jumlah lansia tersebut, sehingga dibutuhkan intervensi non fakmakologis yang aman untuk mengatasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Senam Tai Chi terhadap pemenuhan kebutuhan tidur lansia di Balai Sosial Lanjut Usia Mandalika Mataram. Penelitian ini merupakan penelian pre experimental  dengan rancangan one grup pretest-posttest. Populasi dalam penelitian berjumlah 87 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 19 orang. Alat ukur yang digunakan kuesioner instrumen baku PSQI (Pittsburgh Sleep Quality Index). Data dianalisis dengan statistik non parametrik dengan uji Wilcoxon. Hasil uji dengan ρ sebesar 0,000, menunjukkan ada pengaruh peningkatan kualitas tidur setelah dilakukan senam Tai Chi (α = 0,05). Dapat disimpulkan bahwa senam Tai Chi yang dilakukan oleh responden dapat meningkatkan kualitas tidur lansia

Keywords


Lansia; Kualitas tidur; Senam Tai Chi

Full Text:

PDF

References


Dinas Kesehatan Provinsi NTB . (2017). Laporan Tahunan Data Kesehatan Provinsi NTB. NTB: Sub. Bagian Pencatatan dan pelaporan Dinas Kesehatan Provinsi NTB.

Ghadafi, Muhammad. (2011). Pengaruh latihan ”Aerobik Lambat” Terhadap Daya Tahan Jantung Paru dan Komposisi Tubuh (Persentase Lemak Tubuh) Pada Lanjut Usia di Kota Surabaya.[Skripsi] FAKULTAS MIPA Universitas Negri Surabaya.

Heny, LP., Sutresna, I. N., & Wira, P. (2013). Pengaruh masase punggung terhadap kualitas tidur lansia dengan insomnia di panti sosial tresna werdha wana seraya Denpasar

Kemenkes RI. (2015). Pelayanan dan peningkatan kesehatan usia lanjut. Tersedia dalam http:// www.kemenkes.go.id/ article/ view/15052700010/.

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Prasadja. (2009). Ayo Bangun dengan Bugar karena Tidur yang Nyenyak. Jakarta: Mizan Publika.

Puspitosari. (2011).Gangguan Pola Tidur Pada Kelompok Usia Lanjut, Journal Kedokteran Trisakti, Januari-April, Vol.21, No 1.2014

Rahayu, S. (2008). Pengaruh pendidikan kesehatan tentang kemunduran fisik lansia terhadaptingkat depresi pada lansia. Universitas Riau.

Sumitra. Nengah, dkk. (2016). Faktor Yang Menyebabkan Gangguan Tidur(Insomnia) Pada Lansia. Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Kemenkes Denpasar.

Sutanto, Jusuf. (2013). The Dancing Leader 3.0 Tai Chi untuk Perawat Membangun Keluarga Di Rumah dan Rumah Sakit. Jakarta : PT. Kompas Media Nusantara.




DOI: https://doi.org/10.32807/jkt.v2i1.48

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Fathaillah - Liestanto, Dina Fithriana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.