Konsep Diri Remaja Yang Mengalami Bullying

Puji Lestari, Liyanovitasari Liyanovitasari

Abstract


Konsep diri terdiri dari semua nilai-nilai, keyakinan dan ide-ide yang berkontribusi terhadap pengetahuan diri dan mempengaruhi hubungan seseorang dengan orang lain. Bullying dapat menjadikan konsep diri remaja terganggu. Tujuan penelitian untuk mengetahui  konsep diri remaja yang mengalami bullying. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey deskriptif. Sampel 88 remaja yang  pernah mengalami bullying. Alat ukur konsep diri dengan Tennessee Self Concept Scale (TSCS). Hasil penelitian menunjukkan remaja yang memiliki konsep diri yang positif sebanyak 45 responden (51,1%), sedangkan remaja yang memiliki konsep diri negatif sebanyak 43 (48,9%). Diharapkan adanya upaya dari masyarakat dan institusi pendidikan untuk mengatasi perilaku bullying yang dapat berdampak pada konsep diri remaja

Keywords


Konsep diri; remaja; bullying

Full Text:

PDF

References


Apriliyanti, A., Mudjiran, & Ridha, M. (2016). hubungan konsep diri siswa dengan tingkah laku sosial siswa. Jurnal Pendidikan Indosesia, 2, 2.

Muawanah, lis binti. (2012). kematangan emosi, konsep diri dan kenakalan remaja. Jurnal Psikologi, 7, 1.

Potter & Perry. (2010). Buku ajar keperawatan fundamental volume 1 Edisi 4.

Priyatna, A. (2010). lets end bullying : memahami, mencegah & mengatasi bullying.

Rompas, A. E. T. R. K. S. (2018). Hubungan bullying dengan kepercayaan diri pada remaja di smp n 10 Manado. E-Journal Keperawatan.

Saraswati, M. A., & Sawitri, D. R. (2015). konsep diri dengan kecenderungan bullying pada siswa kelas XI SMK. Jurnal Empati, 4, 60–65.

Saraswatia, gita kania, Zulpahiyana, & Arifah, S. (2015). faktor - faktor yang mempengaruhi konsep diri remaja di SMP N 13 Yogyakarta. Journal Ners and Midwifery Indonesia, 3, 33–38.

Sarwono, Sarlito W (2013). Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Pers

Sufriani, & Sari, eva pyrnama. (2017). faktor yang mempengaruhi bullying pada anak usia sekolah di sekolah dasar Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh. Idea Nursin Journal, VII, 3.

Sumantri, B. (2011). Hubungan antara konsep diri dengan prestasi belajar pada mahasiswa pendidikan ekonomi STIKEP PGRI NGAWI, V111, 2.

Sunaryo (2013). Psikologi untuk Keperawatan Edisi 2. EGC. Jakarta

Stuart, G.W., and Sundenen, S.J. (2013). Buku saku keperawatan jiwa.6 thediton. St. Louis: Mosby Yeart Book.

Widiarti, P. W. (2017). konsep diri (self concept) dan komunikasi interpersonal dalam pendampingan pada siswa SMP se kota yogyakarta, 47, 1.

Zakiyah, Humaedi, Santoso. (2017). Faktor yang mempengaruhi remaja dalam melakukan bullying. Jurnal penelitian & PPM , 4,2, 324-330




DOI: https://doi.org/10.32807/jkt.v2i1.45

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Keperawatan Terpadu (Integrated Nursing Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal keperawatan terpadu (integrated nursing journal) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.