Pengaruh Self Hypnosis Terhadap Respon Cemas Mahasiswa Pada Ujian Tahap Akhir Program Di STIKes Buana Husada Ponorogo
DOI:
https://doi.org/10.32807/jkt.v2i1.43Keywords:
self hypnosis, cemas, ujian akhir programAbstract
Pembelajaran praktik klinik keperawatan merupakan masa transisi dari situasi belajar dikelas ke situasi pelayanan yang nyata, hal ini sangat memungkinkan mahasiswa mengalami kecemasan yang tinggi. Kurangnya pengalaman klinik, dosen yang disiplin, takut membuat kesalahan merupakan situasi yang dapat memproduksi adanya kecemasan mahasiswa. Self hypnosis adalah suatu metode komunikasi persuasif yang digunakan untuk melakukan perubahan kognitif, sikap dan perilaku dengan memasuki wilayah sub consious dalam pikiran manusia. Tujuan penelitian ini menganalisa pengaruh pemberian terapi self hypnosis terhadap respon cemas mahasiswa pada ujian tahap akhir program. Desain penelitian ini pra eksperimen dengan one group pre test post test design. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa S1 Keperawatan STIKes Buana Husada sebanyak 22 orang dengan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan kuesioner HARS dan modul self hypnosis, dengan analisa uji wilcoxon. Hasil penelitian ada pengaruh self hypnosis terhadap respon cemas mahasiswa. Kesimpulan penelitian ini pemberian self hypnosis berhasil secara signifikan menurunkan angka kecemasan mahasiswa.
References
Clark, & Sunnen. (2004). The Relaxation & Stress Reduction Workbook ( dan K. B. A. Hamid, A.Y.(ed.)). EGC.
Gail, & Stuart, W. (2006). Buku Saku Keperawatan Jiwa (3rd ed.). EGC.
Gunawan, A. (2005). Hypnotherapy The Art Of Subconcious Restructuring. PT Gramedia Pustaka.
Hakim, A. (2010). Hypnosis in Teaching. Visimedia. Vol. 2 No. 1 (2020); APRIL Page 6
Masoumi, & Sharif. (2005). A qualitative study of nursing student experiences of clinical practice. http://www.biomedcentral.com/1472-6955/4/6.
Nurindra, Y. (2007). Hypnotherapy Fundamental. Yan Nurindra School of Hypnotism.
Rochman, & Lur, K. (2010). Kesehatan Mental. Fajar Media Press.
Tomb. (2004). Buku Saku Psikiatri. EGC.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.