Aplikasi Model Orem Dalam Meningkatkan Keterampilan Ibu Dalam Tehnik Menyusui Bayi di PKM Karang Taliwang

Mardiatun Mardiatun, Dewi Purnamawati, Aan Dwi Sentana

Abstract


Menyusui merupakan proses yang alami, namun demikian, menyusui perlu di pelajari antara lain, belajar bagaimana cara memegang bayi agar dapat menyusu dengan baik dan mengatur posisi tubuh agar merasa nyaman selama menyusui. Seringkali kegagalan menyusui disebabkan karena kesalahan memposisikan dan melekatkan bayi. Putting susu menjadi lecet sehingga ibu jadi segan menyusui, produksi ASI berkurang dan bayi menjadi malas menyusu. Tujuan penelitian ini adalah Menganalisis pengaruh Penerapan Aplikasi Model Orem dapat Meningkatkan Keterampilan Ibu Dalam Teknik Menyusui Bayi  Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan buku panduan yang di buat peneliti di PKM Karang Taliwang-Mataram NTB. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasy eksperiment dengan pretest posttest group design dan menggunakan instrument berupa kuesioner dan lembar observasi checklist. Analisa statistik yang digunakan dengan menggunakan Uji Paired t test dengan taraf signifikasi  p < 0,05 untuk melihat perbedaan pre dan post keterampilan menyusui pada kelompok perlakuan dan Kontrol dan uji Independent t test dengan taraf signifikansi p < 0,05 untuk melihat perubahan keterampilan menyusui setelah di berikan pendekatan Aplikasi Model Orem. Hasil yang didapatkan P value 0.000 < 0,005 ada perbedaan keterampilan menyusui pada kelompok perlakuan dan kelompok kontrol dengan tarap signifikansi p value 0.001 <0,05 ada perubahan keterampilan menyusui setelah pendekatan aplikasi model Orem dengan tarap signifikansi p value 0.001 <0,05. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan dan disarakan perlunya model pendekatan yang intensif dalam mengubah perilaku ibu nifas khususnya mengenai keterampilan menyusui agar proses menyusui ibu berhasil.

Keywords


Orem; Keterampilan Ibu; Menyusui

Full Text:

PDF

References


Almatsier, S, 2004. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. PT. Gramedia Pustaka Umum. Jakarta. Arikunto, S, 2006

Alligood, MR(2006) Nursing Theories and Their Work 6th Ed. Mosby. St. Louis Missouri

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, (2010),

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas 2010), Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta

Bobak, Lowdermilk, Jensen. (2004). Buku Ajar Keperawatan Maternitas, Edisi 4, Jakarta: EGC.

Begel, Cynthia A, Loveland Cook (2006), Postpartum Teaching Priorities : the Viewpoints of Nurses and Mother, Journal of Obstetric, Gynecologic, & Neonatal Nursing Volume 27, Issue 2, pages 161–168.

Direktorat Kesehatan Anak Khusus (2010) Panduan Pelayanan Kesehatan Bayi Baru Lahir Berbasis Perlindungan Anak http://www.gizikia.depkes.go.id di unduh tanggal 7 April 2016

Damai Yanti, Sundawati (2011), Asuhan Kebidanan Masa Nifas. Bandung : Refika aditama

Diana Nur Afifah (2007) Faktor Yang Berperan Dalam Kegagalan Praktik Pemberian Asi Eksklusif (Studi Kualitatif di Kecamatan Tembalang, Kota Semarang Tahun 2007)

Isna Hikmawati, 2008 Faktor - Faktor Risiko Kegagalan Pemberian Asi Selama Dua Bulan

(Studi Kasus Pada Bayi Umur 3-6 Bulan Di Kabupaten Banyumas) Tesis Magister Epidemiologi Program Pascasarjana Universitas Diponegoro Semarang

Maryunani, (2009). Asuhan Pada Ibu Dalam Masa Nifas. Jakarta: Trans Info Media.

Nursalam, 2008, Konsep & Penerapan Metodelogi Penelitian Ilmu Keperawatan Pedoman Skripsi, Tesis dan Instrumen Penelitian Keperawatan, Salemba Medika, Jakarta.

Notoatmojo, (2010). lmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Ruchala, Patsy L., Teaching new mother : Priorities of nurses and postpartum women, Journal of Gynecologic, & Neonatal Nursing Volume 29, Issue 3, pages 265–273, May 2000

Rizka Yulianti Rahayu, Sari Sudarmiati (2012) Pengetahuan Ibu Primipara Tentang Faktor-Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Produksi Asi, Jurnal Nursing Studies, Volume 1, Nomor 1 Tahun 2012, Halaman 108 – 115 O: http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jnursing di unduh tanggal 5 April 2016

Arifin Siregar, 2004 Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Pemberian Asi Oleh Ibu Melahirkan. Bagian Gizi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Digital Library Universitas Sumatera Utara (USU)




DOI: https://doi.org/10.32807/jkt.v1i1.27

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Keperawatan Terpadu (Integrated Nursing Journal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal keperawatan terpadu (integrated nursing journal) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.