Efektifitas Model SELADA (Senam Lansia Rudat) Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Lansia di Kabupaten Lombok Barat

Desty Emilyani, Awan Dramawan, Cembun Cembun

Abstract


Hipertensi pada lansia dapat ditangani dengan terapi farmakologi dan non farmakologi. Salah satu terapi non farmakologi adalah dengan melakukan senam SELADA (Senam Lansia Rudat) yang merupakan modifikasi senam lansia diiringi music Rudat. Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi perbedaan efektifitas SELADA dan senam lansia konvensional dalam menurunkann tekanan darah lansia dengan hipertensi. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy-experimental dengan pendekatan ”Pretest Posttest with Control Group Design”. Kelompok eksperimen diberi perlakuan senam model SELADA, sedangkan kelompok kontrol dengan senam lansia konvensional. Populasi penelitian adalah seluruh lansia di Desa Golong Wilayah Kerja Puskesmas Sedau Kabupaten Lombok Barat sejumlah 103 orang. Sampel berjumlah 78 orang yang dipilih menggunakan Simple random sampling dan dibagi menjadi 2 kelompok masing-masing 39 orang. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan jumlah penderita hipertensi derajad ringan pada kelompok kontrol setelah dilakukan senam lansia konvensional. Pada kelompok perlakuan didapatkan juga semua responden (100%) mengalami penurunan derajad hipertensi menjadi pre hipertensi. Uji Wilcoxon menunjukkan adanya pengaruh senam lansia dan senam SELADA terhadap tekanan darah lansia penderita hipertensi. Uji mann withney menunjukkan tidak ada perbedaan efektifitas antara senam lansia konvensional dengan senam SELADA. Dapat disimpulkan bahwa kedua jenis senam tersebut sama efektifnya dalam menurunkan tekanan darah lansia hipertensi.


Keywords


hipertensi; SELADA; lansia; senam lansia rudat

Full Text:

Untitled

References


Ary, Donald, Lucy C.J., dan Chris Sorensen. 2011. Introduction to Research in Education Eight Edition. Canada: Nelson Education Wadsworth Cengage Learning.

Anies. 2006. Waspada Ancaman Penyakit Tidak Menular : Solusi Pencegahan dan Aspek Perilaku dan Lingkungan. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Astari, Putu Dyah, dkk. 2012. Pengaruh Senam Lansia terhadap Tekanan Darah Lansia dengan Hipertensi Pada Kelompok Senam Lansia di Banjar Kaja Sesetan Denpasar Selatan. Jurnal Ilmu Keperawatan FK Unud Denpasar. Vol. 1. No. 2. hal. 1-7. 6.

Azizah, Siti Nur. 2015. Pengaruh Latihan Otot Progresif Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Primer Di Dusun Gondang. Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar 2013. Tersedia dalam http://www.litbang.depkes.go.id[Diakses pada 27 Agustus 2017].

Beaver, D. 2008. Tekanan Darah. Dian Rakyat. Jakarta.

Brooker, Chris. 2009. Ensiklopedi Keperawatan. EGC. Jakarta.

Cohen, Louis, Lawrence Manion, dan Keith Morrison. 2007. Research Methods in Education, Sixth Edition. London: Routledge Falmer.

Dharma, Kelana Kusuma. 2011. Metodologi Penelitian Keperawatan Panduan Melaksanakan dan Menerapkan Hasil Penelitian. Trans Info Media. Jakarta.

JNC-7. (2003). The seventh report of the Joint National Committee on Prevention, Detection, Evaluation, and Treatment of High Blood Pressure(online).http://www.nhlbi.nih.gov/guidelineshypertension/jnc7full.pdf. [Diakses pada tanggal 24 Oktober 2017].

Sundari,M.J., dkk. 2012. Pengaruh Senam Lansia terhadap Penurunan Tekanan Darah Lansia di Panti Wreda Usia “Bethany” Semarang. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Stikes Tlogorejo Semarang. Volume 3 Tahun 2012.

Sutanto, Jusuf. 2013. The Dancing Leader 3.0 Tai Chi untuk Perawat Membangun Keluarga dan Rumah Sakit. Jakarta : PT Kompas Media Nusantara.

Syahrani. 2017. Pengaruh Senam Ergonomik Terhadap Tekanan Darah Sistolik Pada Lansia Dengan Hipertensi Di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulya 3 Margaguna Selatan. Skripsi. Jakarta. Universitas Negeri Syarif Hidayatullah.

Widharto. 2009. Bahaya Hipetensi. Sunda Kelapa Pustaka. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.32807/jkt.v3i2.267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Desty Emilyani, Awan Dramawan, Cembun Cembun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.