The Baby Watch Book Improve Mothers' Knowledge About Infant Development

Baiq Eka Putri Saudia, Widya Safitarini, Mira Utami Ningsih, Muhammad Hasbi

Abstract


The growth and development of children in Indonesia still needs serious attention. The rate of growth and development delays is still quite high. Providing health education by health workers is an effective way to deliver valid, updated and evidence-based information. The baby watch book can be used as an educational tool for the baby's mother, specifically designed to increase the knowledge and skills of the parents. This study was a pre-experiment study with a one-group pretest-posttest design. The sample was 30 mothers of infants at the Karang Taliwang Health Center. Data analysis used was the Wilcoxon Signed Rank Test. The results show that the majority of respondents were aged 20–35 years (80%), graduated from senior high school education (43.3%), working as a housewife (86.7%), and their main sources of information was health workers (23.3%). Before the intervention, most of the respondent has poor knowledge (50%). After given the intervention, there was an increase in their knowledge; there were 97% respondent have a good knowledge. Wilcoxon sign ranked test showed p-value 0.000 (p<0.05). This means that there was a significant effect of health education using baby watch book on mothers' knowledge about the development of babies aged 3 to 6 months.


Keywords


Baby Watch book; Knowledge; Baby Development

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, Hubungan Pengetahuan Dan Pekerjaan Ibu Dengan Pemberian ASI Eksklusif , 2016

Arikunto. 2016. Bab III Metode Penelitian Dusun Ngebel Tamantirto BantulYogyakarta.http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/2514/Bab III.pdf?sequence=7&isAllowed=y

Ayuro Cumayunaroa , Heldab , Yonaniko Dephintoc , Yelly Heriend. 2020. P Pendidiakan Kesehatan Dengan Media Booklet Terhadap Perilaku Ibu Dalam Melakukan Deteksi Dini Tumbuh Kembang (DDTK) pada anak. NERS:Jurnal Keperawatan,Volume 16, No. 1 , Maret 2020,(Hal-26)

Destiana,R,Yani ,R,E,& Triatmi , A.2017. Kemampuan Ibu Melakukan Stimulasi Untuk Perkembangan Bayi Usia 3-6 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Puhjarak Kabupaten Kediri. Jurnal Ilmu Kesehatan, 6(1),56-65

García Reyes, L. E. 2013. Upaya Peningkatan Kualitas Tumbuh Kembang .Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Herlina, Hubungan Lingkungan Pengasuh Dan Pekerjaan Ibu Terhadap Perkembangan Bayi 6-12 Bulan, 2019)

Hutagaol, A. 2016 Tingkat Pengetahuan Ibu tentang Inisiasi menyusui Dini (IMD)Di Rumah Sakit Umum Daerah Deli Serdang Lubuk Pakam, Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda Vol. 2, No. 1, Februari 2016.

Isnaeny, R. 2018. Pengaruh Stimulasi Alat Permainan Edukatif Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah di Tk Nurul Iman . Politeknik Kesehatan Kemenkes Mataram.

Katharina T, Katarina Iit. 2016. Hubungan Antara Pengetahuan Ibu Drngan Sikap Ibu Terhadap Tumbuh Kembang Usia 0-24 Tahun, Akademi Kebidanan Panca Bhakti Pontianak

Kemenkes RI 2015.Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2013. Jakarta: Kemenkes RI

Kore Mola Daniel. 2019. Pengaruh Pendidikan Dengan Media Booklet Terhadap Pengetahuan Ibu Dalam Pencegahan ISPA Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Bakunasen Kota Kupang. Universitas Citra Bangsa

Kuntum, K. 2015. Gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu tentang Perkembangan Anak Usia Balita di Puskesmas Pengambiran Kota Padang Tahun 2015. 1-66: Jurusan DIII Keperawatan Padang Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang.

Lestari, N. D. A. 2018. Gambaran Pengetahuan Keluarga Dalam Merawat Anggota Keluarga Dengan Komplikasi Gangre. Skripsi, 5–29.

Ma’munah,M. 2015. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Booklet Terhadap Pengetahuan Nutrisi Ibu Laktasi Di Wilayah Kerja Puskesmas Ciputat Timur. Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Notoatmodjo,soekidjo. 2018. metodologi penelitian kesehatan.

Nurjanah, N. (2015). Pengaruh Penkes Stimulasi Perkembangan Anak Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Orangtua Di Rumah Bintang Islamic Pre School. Jurnal Ilmu Keperawatan , 113-117.

Profil Kesehatan Rebuplik Indonesia, Tahun 2019

PWS KIA Puskesmas Karang Taliwang, 2020

Setiawati, P. 2020. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Audivisual Terhadap Pengetahuan Sikap Dan Prilaku Ibu Nifas di RS dr.R.Hardjanto Balikpapan. Politeknik Kesehatan Kalimatan Timur Jurusan Kebidanan Prodi Sarjana Terapan Kebidanan.

Soetjiningsih , Ranuh ,IG ,N Gde. 2017. Tumbuh Kembang anak, Edisi 2. Jakarta: EGC

Sugeng, H. M. 2019. Gambaran Tumbuh Kembang Anak pada Periode Emas Usia 0-24 Bulan di Posyandu Wilayah Kecamatan Jatinangor. Universitas Padjadjaran/ Rumah Sakit Umum Dr. Hasan Sadikin, Bandung, Indonesia.

Sulistyawati, S. 2016. Pengetahuan Berhubungan dengan Sikap Ibu dalam Kemampuan Menstimulasi Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Balita dengan Gizi Kurang. 64: Universitas Alma Ata Yogyakarta.

Waqidil H, Adini CK. (2014). Hubungan Antara Tingkat Pindidikan Ibu Dengan Perkembangan Blitan Uisa 3-5 Tahun, Kabupaten Bojonegoro. Program Studi Diploma III Kebidanan.

Wilujeng, A. P., Trianita, D., & Indriani, N. (2020). Jurnal Keperawatan Muhammadiyah Pengaruh Anticipatory Guidance Terhadap Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi Usia 0-6 Bulan. 5(1), 11–18. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/3325/2700

Yuli Yusuf Sefty Rompas Abram Babakal.2016. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Pendekatan Modelling Terhadap Pengetahuan Ibu dalam Menstimulasi Tumbuh Kembang Bayi Usia 0-6 Bulan Di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Tomalou Kota Tidore Kepulauan. ejournal Keperawatan (e-kp) Volume 4 Nomor 1, Februari 2016

Yunita, L. (2016). Efektifitas Pendidikan Kesehatan dengan Metode Ceramah Terhadap Tingkat Pengetahuan Ibu dalam Penanganan Diare Balita di Sekitar UPT TPA Cipayung, Depok. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.32807/jkt.v4i1.217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Baiq Eka Putri Saudia, Widya Safitarini, Mira Utami Ningsih, Muhammad Hasbi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.