Pengaruh Modul Terhadap Pengetahuan, Sikap Karang Taruna Dalam Deteksi Dini TB Paru Di Bonjeruk

Aan Dwi Sentana, Lale Wisnu Andrayani, Moh Arip, Muhammad Hasbi, Mardiatun Mardiatun

Abstract


Tuberculosis Paru (TB Paru) adalah penyakit infeksi pada paru yang disebabkan oleh mycobacterium tuberculosis yaitu suatu bakteri tahan). Berdasarkan data tahun 2019 jumlah kasus penderita TB di Provinsi NTB mencapai 6390 orang dari target penemuan 22.245 orang atau 28,73 %, Untuk mendukung tercapainya angka deteksi dini kasus TB Paru sesuai target pencapaian yang sudah ditetapkan yaitu dengan menggunakan kelompok atau organisasi yang sudah ada di Desa yaitu Karang Taruna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian modul terhadap pengetahuan dan sikap anggota karang taruna dalam deteksi dini kasus TB Paru. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pra eksperimental dengan pendekatan One Grup Pretest-Posttest. Sampel dalam penelitian ini anggota karang taruna desa Bonjeruk sebanyak 30 orang, tehnik sampel menggunakan total sampel. Hasil Uji Statistic menunjukan peningkatan signifikan pada pengetahuan dan sikap tentang deteksi dini TB Paru dengan hasil uji p pengetahuan 0,000, sikap 0,007 < ɑ = 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha  diterima yang berarti ada pengaruh pemberian Modul Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Anggota Karang Taruna Dalam Deteksi Dini Kasus TB Paru.

Keywords


Modul; Pegetahuan, Sikap; Deteksi Dini; TB Paru

Full Text:

PDF

References


Alfitri. (2011). Community Development Teori dan Aplikasi. In Community Development Teori dan Aplikasi.Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011

Anwas, O. M. (2013). Pemberdayaan Masyarakat di Era Global. In Pemberdayaan Masyarakat di Era Global.Bandung

Azwar, S. (2000). Sikap Manusia, Teori dan pengukurannya. In Sikap Manusia, Teori dan pengukurannya.Jogjakarta

Arifah Siti. (2010). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Modul Dan Media Visual terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap wanita dalam menghadapi menoupose. Bandung

Dikes Provinsi NTB. (2019). Dikes Provinsi NTB. In Mataram

Departemen Kesehatan. (2007). Pedoman Nasional Penanggulangan Tuberkulosis.Jakarta

Departemen Kesehatan. (2011). Pedoman nasional penanggulangan tuberkulosis. In Pedoman Nasional Penanggulangan Tuberkulosis.Jakarta

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2005). In Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2015). Profil data Kesehatan Indonesia tahun 2015. Jakarta: Kementrian Kesehatan Indonesia.

Lono Wijayanti. (2019). Pengaruh modul skin personal hygiene terhadap sikap dalam pencegahan skabies. SidMardikanto, Totok, dan P. S. (2013). Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif kebijakan publik. In Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif kebijakan publik.Bandung

Muslim, Sri Banun., dkk. (2014). Pergeseran Identitas Mahasiswa: Korelasi Religiusitas dan Perilaku Mahasiswa IAIN Mataram”.Mataram

Notoatmojo, soekidjo. (2005). pendidikan dan prilaku kesehatan. In pendidikan dan prilaku kesehatan.

Notoatmojo, soekidjo. (2010). pendidikan dan prilaku kesehatan. In pendidikan dan prilaku kesehatan.JakartaNotoatmodjo. (2012). Metodologi penelitian kesehatan Edisi Revisi. In Metodologi penelitian kesehatan Edisi Revisi.

Nursalam. (2017). metodologi penelitian keperawatan pendekatan praktis.

Poter dan perry. (2005). Fundamentals of nursing. In Fundamentals of nursing.Jakarta

Riwikdo. (2012). Statistik Kesehatan. In Statistik Kesehatan.

Setiadi. (2007). Konsep dan Penulisan Riset keperawatan. In Konsep dan Penulisan Riset keperawatan.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. In Metode Penelitian Pendidikan.

Suprawoto. (2009). Unsur-Unsur Modul.Jakarta

Setiyaningsih. (2019). Pepngembangan Modul Berbasis Edutainment Pada Bahasan Bangun Datar. Bogor

Siswanto, S., Susila, D., & Suyanto, D. (2013). Metodologi Penelitian Kesehatan dan Kedokteran. In Metodologi Penelitian Kesehatan dan Kedokteran.Jakarta, Bumi Aksara

smeltzer,S. C,. & Bare, B. G. (2001). Buku ajar keperawatan medikal bedah. In Buku ajar keperawatan medikal bedah.Jakarta

Sri Wahyuni,dkk. (2019). Pengaruh pelatihan kader posyandu dengan modul terintegrasi terhadap pengetahuan, sikap dankeikutsertaan posyandu. Yogyakarta

Sudoyo. (2006). Buku ajar ilmu penyakit dalam. In Buku ajar ilmu penyakit dalam.Jakarta: Departemen Ilmu Penyakit Dalam

Sukirman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. In Pengembangan Media Pembelajaran.Yogyakarta : PT Pustaka

Utomo. (2000). Modul Sebagai Media Pembelajaran.Surabaya

World Health Organition (Ed). (2017). Global tuberculosis report 2017. World Health Organization

Zubaedi. (2013). Pengembangan Masyarakat. In Pengembangan Masyarakat.Jakart : Kencana




DOI: https://doi.org/10.32807/jkt.v3i2.195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aan Dwi Sentana, Lale Wisnu Andrayani, Moh Arip, Muhammad Hasbi, Mardiatun Mardiatun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.