Hubungan Persepsi Kecukupan ASI dengan Perilaku Pemberian ASI pada Bayi 0-6 Bulan di Kecamatan Gayam di Kabupaten Sumenep

Niken Wahyu Hidayati, Yulia Wardita, Emdat Suprayitno, Hafis Nur Wicaksono

Abstract


ASI Eksklusif adalah ASI yang diberikan kepada bayi selama 6 bulan tanpa tambahan cairan maupun makanan lain. Persepsi dapat terjadi saat rangsang mengaktifkan indera atau pada situasi dimana terjadi ketidakseimbangan pengetahuan tentang obyek, symbol, atau orang akan membuat kesalahan persepsi. Timbulnya keraguan di pikiran para ibu ialah tidak cukupnya produksi ASI untuk kebutuhan bayinya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui persepsi kecukupan ASI dengan perilaku pemberian ASI pada bayi 0 – 6 bulan di tempat praktik mandiri bidan Ida Royani. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain penelitian Cross Sectional. Sampel sejumlah 44 responden yang memiliki bayi berusia 0 – 6 bulan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner perilaku pemberian ASI. Analisis data yang digunakan adalah Uji Chi Square dengan koefisien korelasi uji pearson. Hasil analisis membuktikan bahwa terdapat hubungan signifikan dan kuat antara persespi kecukupan ASI dengan perilaku ibu dalam pemberian ASI pada bayi 0-6 di kecamatan Gayam di Kabupaten Sumenep

Keywords


ASI; Bayi; Perilaku; Persepsi

Full Text:

PDF

References


Adam, D., Hatta, H., Djafar, L., & Ka, I. (2021). Hubungan Pola Makan dan Riwayat ASI Ekslusif Dengan Kejadian Stunting Pada Balita di Kabupaten Gorontalo. Public Health Nutrition Journal, 1(1), 50–58.

Ade Benih Nirwana. 2014. ASI dan Susu Formula Kandungan dan Manfaat ASI dan Susu Formula. Yogyakarta: Nuha Medika

Arif, N. 2009. ASI dan Tumbuh Kembang Bayi. Yogyakarta: Medika Pressindo

Arifiati, Nurce. 2017. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pemberian ASI Eksklusif Pada Bayi Di Kelurahan Warnasari Kecamatan Citangkil Kota Cilegon. Serang Banten. STIKES Faletehan Serang Banten.

Arini. H. 2012. Mengapa seorang Ibu Harus Menyusui?. Jakarta : Flash Books

Arintasari, Farida. 2015. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemberian ASI Eksklusif Di Puskesmas Tegalrejo Yogyakarta Tahun 2015. Yogyakarta. Jurnal Medika Respati.

Arlinda dkk. 2013. ASI Ekslusif. Yogyakarta

Depkes RI, 2012. Profil Kesehatan Indonesia 2012. Jakarta

Dwi Sunar Prasetyono. 2012. ASI Eksklusif Pengenalan, Praktik, dan Kemanfaatan-kemanfaatannya. Yogyakarta

Haryono, Rudi. 2014. Manfaat ASI Eksklusif Untuk Buah Hati Anda. Yogyakarta : Gosyen Publishing.

Nurul Jannah. 2011. Asuhan Kebidanan Ibu Nifas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Rahmawati , A. Burhanuddin. 2013. Hubungan Antara Karakteristik Ibu, Peran Petugas Kesehatan dan Dukungan Keluarga Dengan Pemberian ASI Eksklusif Di Wilayah Kerja Puskesmas Bonto Cani Kabupaten Bone. Makasar. Tesis Universitas Hassanuddin Makassar.

Rizki Natia Wiji. 2013. ASI dan Panduan Ibu Menyusui. Yogyakarta: Nuha Medika

Roesli, Utami. 2012. ASI Eksklusif: Trubus Agriwidaya

Salat, S. Y. S., & Suprayitno, E. (2019). HUBUNGAN KECEMASAN IBU MENYUSUI DENGAN KELANCARAN PENGELUARAN AIR SUSU IBU (ASI) DI BPS KERTA TIMUR KECAMATAN DASUK KABUPATEN SUMENEP. Jurnal Ilmiah Kebidanan (Scientific Journal of Midwifery), 5(2), 51–56.

Saleha, Siti. 2009. Asuhan Kebidanan Pada Masa Nifas. Jakarta Salemba: Medika

Soetjiningsih. 2013. ASI Petunjuk Untuk Tenaga Kesehatan. Jakarta: EGC

Sumarni, S., Oktavianisya, N., & Suprayitno, E. (2020). Pemberian ASI Eksklusif Berhubungan dengan Kejadian Stunting pada Balita di Pulau Mandangin Kabupaten Sampang. Jurnal Riset Hesti Medan Akper Kesdam I/BB Medan, 5(1), 39–43.

Suprayitno, E., Purnomo, J. D. T., Sutikno, S., & Indriyani, R. (2020). Health education in principle of community affected teenagaer’s smooking attitude and habitual in the coastal area of madura island indonesia. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(10). https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I10/PR300173

Untari, Jati. 2017. Hubungan Antara Karakteristik Ibu Dengan Pemberian ASI Eksklusif Di Wilayah Kerja Puskesmas Minggir Kabupaten Sleman. Yogyakarta. Universitas Respati Yogyakarta.

Widiyatun, dkk. Hubungan Persepsi Ibu Tentang Menyusui Dengan Pemberian ASI Eksklusif. Jurnal Kebidanan Semarang Universitas Ngudi Waluyo




DOI: https://doi.org/10.32807/jkt.v3i1.193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Niken Wahyu Hidayati, Yulia Wardita, Emdat Suprayitno, Hafis Nur Wicaksono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.