Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Metode Focus Group Discussion (FGD) Terhadap Tindakan Family Caregiver Pada Anggota Keluarga Pasca Perawatan Stroke Di Ruang Stroke Center RSUD Kota Mataram
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achjar & Henny, K. A. 2010. Asuhan Keperawatan Keluarga; Bagi Mahasiswa Keperawatan dan Praktisi Perawat Perkesmas. Jakarta: SagungSeto.
Agustina. 2009. Kajian Kebutuhan Perawatan di Rumah bagi Klien dengan Stroke di RumahSakitUmum Daerah Cianjur. Diakses pada tanggal 2 Februari 2018 darihttp://pustaka.unpad.ac.id.
Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar 2013. Tersedia dalam : http://www.litbang.depkes.go.id [Diakses pada tanggal 17 Oktober 2018].
Barbara & Mary. 2010. Rethinking Intervention Strategies in Stroke Family Caregiving. Diakses padatanggal 5 februari 2018 dariwww.rehabnurse.org.
Brammer.1979. The Helping Relationship: Procces and skill. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall Inc.
Brunner &Suddarth. 2010. Buku Ajar KeperawatanMedikalBedah Vol II. EGC: Jakarta.
Chiung-man. 2009. Learning to be a family caregiver for severely debilitated stroke survivors during the first year in Taiwan. Diakses pada tanggal 20 april 2018 darihttp://ir.uiowa.edu/cgi/viewcontent.
Cohen, L., Lawrence M., &Keith M. 2007. Research Methods in Education, Sixth Edition. London: Routledge Falmer.
Cress JC. Handbook of geriatric care managemen. 2011 Diakses pada tanggal 21 april 2018melaluihttp://books.google.co.id
Depkes RI. 2009. KlasifikasiUmurBerdasarkanKategori. Jakarta: DirektoratJenderalPelayananKesehatan.
Dharma, K. K. 2011. MetodologiPenelitianKeperawatan. Jakarta: Trans Info Media.
Friedman, M. Marilyn. 1998,KeperawatanKeluarga :TeoridanPraktik. Jakarta: EGC.
.
Given Barbara, et all. 2008,What Knowledge and Skills Do Caregivers Need?.Diaksespadatanggal 5 Februari 2018 pukul 13.00 darihttp://www.nursingcenter.com
Gibson, R. I. & Mitchell, M. H. 1986, Introduction to Counseling and Guidance. New York: Macmillan Publishing Company.
Gunarsa, Singgih D. 2008. Psikologi Perawatan. Jakarta : Gunung Mulia.
Horisson, E. 2007. Stroke Strategy and Stroke Rehabilitation. Diakses pada tanggal 2 januari 2018 melaluihttp://www.heartandstroke.ca.
Le Mone, P. & Burke, K.M. 2008. Medical surgical nursing: critical nursing in client care. 6th Edition. New Jersey: Prentice Hall Health.
Meltzer, S.C. dan Bare, B.G. 2002. Brunner dan Suddarth Buku ajar keperawatan medikal bedah, edisi 8 volume 2.EGC: Jakarta
Notoatmodjo, 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan EdisiRevisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Nursalam, 2017. Metodologi Penelitian Keperawatan Pendekatan Praktis. Jakarta: Salemba Medika.
Price, S.A. & Wilson, L.M. 2006. Patofisiologi: Konsep klinis Proses – Proses Penyakitedisi 4. EGC: Jakarta.
Paramita,Astridia, 2013,Teknik Focus Group Discussion Dalam Penelitian Kualitatif (Focus Group Discussion Tehnique In Qualitative Research)bulletin penelitian kesehatan, vol 12 16 april 2012
Riwidikdo, H. 2012. Statistik Untuk Penelitian Kesehatan dengan Aplikasi Program R dan SPSS. Yogyakarta: PustakaRihama.
Setiadi. 2007. Konsep dan penulisan riset keperawatan. Graham Ilmu. Yogyakarta.
Stuart & Gail W. 2007. Buku Saku Keperawatan Jiwa Edisi 5. Jakarta : EGC
Sudoyo, W.A. dkk. 2010. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Edisi 5 Jilid II. Jakarta : Internal Publishing.
Suyono, H.S. dkk. 2001. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jilid II Edisi Ketiga. Jakarta : Balai Penerbit FKUI.
S. Nasution.Prof. Dr. M.A, 2003, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar, Jakarta, Bumi Aksara, Jakarta.
Supit, Julita 2018 Efektifitas Metode Edukasi Penggunaan Video Dan FGD Dalam Meningkatkan Pengetahuan Pasien DM di klinik Diabetes Kimia Farma Husada Manad0.e-journal keperawatan (e-Kep) Volume 6 Nomor 1, Mei 2018
Syaiful Sagala,H. DR. M.Pd, 2003, Konsep dan Makna Pembelajaran, Penerbit ALFABETA, Bandung.
WHO. 2011. World health organization: department of measurement and health information. Tersedia dalam : http://who.int/evidence/bod. [Diakses pada tanggal 28 Oktober 2018
Wina Senjaya. 2008. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
DOI: https://doi.org/10.32807/jkt.v3i1.191
Refbacks
- There are currently no refbacks.