Efektifitas Metode Pembelajaran Focus Group Discussion (FGD) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Materi Keperawatan Jiwa Pada Mahasiswa Jurusan Keperawatan Poltekes Kemenkes Mataram Tahun 2018

Eka Rudy Purwana, Masadah Masadah

Abstract


Materi Keperawatan Jiwa dianggap sulit karena harus menghadapi pasien dengan gangguan jiwa. pada beberapa mahasiswa lain mengungkapkan bahwa metode pengajaran yang dilakukan oleh dosenĀ  kurang efektif karena lebih mengedepankan metode ceramah yang cenderung mengedepankan hapalan bersifat teoritis, sedangkan disisi lain mahasiswa sangat jarang berdiskusi tentang isi materi yang diajarkan. Mencermati hasil dan analisis observasi yang dilakukan, peneliti mengambil sebuah tawaran solusi yakni pembelajaran dengan menggunakan metode Focus Group Discussion (FGD) yang merupakan salah satu strategi untuk mengumpulkan data yang melibatkan interaksi sosial diantara para individu dalam suatu diskusi berseri. Metode ini terbukti banyak digunakan untuk pengumpulan data. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Experimental Design One-Group Pre test-Post test Design. Populasi adalah semua mahasiswa Tingkat 2 Semester 3 Jurusan Keperawatan Prodi D.III dan D.IV Keperawatan Mataram, sedangkan sampel menggunakan 160 responden yang memenuhi kriteria inklusi. Uji statistik yang digunakan adalah Wilcoxon. Hasil menunjukan bahwa perbedaan pengetahuan pre dan post test kelompok perlakuan sebesar p = 0,00, nilai p <0,05 yang berarti ada perbedaan signifikansi antara pengetahuan pre test dan post test pada kelompok perlakuan.


Keywords


Pengetahuan; Focus Group Discussion (FGD)

Full Text:

PDF

References


Afiyanti, Y. 2008. Validitas dan Reliabilitas dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal PenelitianVol.1 Diakses pada 10 November 2017.

Aljoudi, A., Taha, A. 2009. Knowledge of Diabetes Risk Factors and Preventive Measures Among Attendees of A Primary Care Center Ineastern Saudi Arabia. Jurnal Epidemiologi. Diakses pada 10 November 2017.

Fardiah Dede. 2012. FGD Dalam Pembangunan Partisipatif. Diakses dari e Jurnal IPI Bogor.

Focus Group Process. Diakses dari: HTTP://www.isixsigma.com/pages/process.htm. Sitasi tanggal 2 Maret 2018.

Focus Group Discussion (FGD). Diakses dari HTTP://www.enolsatoe.org/contentview/15/33/. Sitasi 23 Maret 2018.

Notoatmodjo. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta. PT Rineka Citra.

Paramita, Astridia. 2013. Teknik Focus Group Discussion Dalam Penelitian Kualitatif (Focus Group Discussion Tehnique In Qualitative Research) Bulletin Penelitian Kesehatan, Vol 12. Diakses 16 April 2012.

Supit, Julita. 2018. Efektifitas Metode Edukasi Penggunaan Video dan FGD Dalam Meningkatkan Pengetahuan Pasien DM di klinik Diabetes Kimia Farma Husada Manad.e-Journal Keperawatan (e-Kep), Volume 6 Nomor 1. Diakses Mei 2018.

Syaiful, Sagala, H. DR. M.Pd. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung. Penerbit ALFABETA.

Udin S. Winataputra. Wina Senjaya. 2008. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana Prenada Media G.




DOI: https://doi.org/10.32807/jkt.v1i1.19

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Eka Rudy Purwana, Masadah Masadah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.